BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Usia dini merupakan tahapan perjalanan kehidupan manusia yang sangat penting, dimana pada tahap ini terjadi masa peka yang berarti anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya pengembangan pada seluruh potensi yang ada, terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Jika pada masa ini anak mendapatkan stimulasi yang baik maka perkembangan dan pertumbuhan anak akan maksimal sesuai dengan tahapan perkembangannya begitu juga sebaliknya jika kurang stimulasi maka perkembangan dan pertumbuhannya bisa jadi di bawah tahapan pertumbuhan yang seharusnya.
Jaringan otak anak akan terus berkembang secara optimal jika ada stimulasi dari luar berupa hal-hal yang dipelajari dan dialami oleh anak tersebut. Masa kanak-kanak merupakan gambaran awal manusia sebagai seorang manusia seutuhnya. Masa pertumbuhan anak-anak merupakan masa emas (golden age) yang hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia. Memberi pendidikan terbaik kepada anak sejak dini bagaikan mengukir di atas batu sehingga apa yang dipelajari akan diingat dan melekat kuat sampai dewasa, menjadi landasan sikap prilaku orang tersebut.
Sigmund Freud (dalam Monty P.Satiadarma, 2001:104)
mengemukakan bahwa kepribadian seseorang sesunguhnya terbentuk dasar –
dasarnya pada masa kanak – kanak. Ketika orang tersebut dewasa perilakunya hanyalah merupakan pengulangan reaksi – reaksi atas hal – hal yang dialaminya pada kanak – kanak.
Otak manusia bersifat seperti hologram yang dapat menyerap mencatat, menyimpan, mereproduksi, dan merekonstruksi informasi – informasi yang diberikan kepadanya. Anak yang tidak berada di lingkungan yang baik dapat mengalami penyimpangan dalam perilakunya, seperti rendah diri, menjadi penakut, sulit berkonsentrasi, bahkan keterbelakangan mental.
Pada masa usia dini kemampuan bahasa anak dipelajari dan diperoleh dari hasil proses interaksi yang bersifat komplek antara proses biokimiawi, faktor – faktor kematangan dan lingkungan sosial, Zanden (dalam Fatah Hanurawan 2010:50). Ini berarti peranan pendidik baik orang tua maupun guru sangat penting sebagai fasilitator kebutuhan perkembangan bahasa anak baik materiil maupun moril.
SEKOLAH ANDA merupakan salah satu dari amal usaha YAYASAN yang menangani pendidikan anak usia 4-6 tahun. Bangunan sekolah terletak di Desa ANDA RT 03 Rw 2 kecamatan ANDA DAN KOTA ANDA, yang terdiri dari 5 ruang dengan fungsi 2 untuk ruang kelas 2 ruang bermain dan 1 ruang untuk kantor. SEKOLAH ANDA saat ini diampu oleh 3 orang guru dengan pembagian tugas 2 orang mengajar di kelompok A dengan jumlah siswa 26 dan 1 orang di kelompok B dengan jumlah siswa 19.
Keterangan diatas tulisan yang biru silahkan diganti dengan nama yang bersangkutan