Projects

Jumat, 21 Oktober 2022

MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK TK/RA Part 2

Kemampuan Anak dalam Menerka Makna

Kita tahu dari pengalaman bahwa anak yang masih kecil mampu memahami apa yang dikatakan pada mereka bahkan sebelum mereka memahami arti setiap kata. Intonasi, bahasa tubuh, ekspresi wajah, gerak dan sikon (situasi dan kondisi) semua membantu anak memahami tentang kata dan frasa yang belum mereka pahami. Dengan memahami pesan melalui cara ini mereka mulai belajar bahasa. Pada akhirnya semua orang mempertahankan sumber pertama ini untuk memahami sesuatu diluar pengetahuan bahasanya. Hal ini menjadi bagian fundamental komunikasi manusia.

Anak masuk kelas sudah memiliki kemampuan tersebut diatas dan kemampuan tersebut sudah mulai berkembang. Mereka secara terus menerus menggunakan kemampuannya di semua kegiatan belajar/sekolah. Contoh, meskipun ketrampilanbahasa ibu mereka (bahasa Indonesia) sudah berkembang baik, mereka tetap saja mendapati kesulitan untuk mengikuti perintah dan informasi secara verbal. Ketika hal ini terjadi, karena kemalasan atau tidak memperhatikan, anak cenderung mengandalkan kemampuannya untuk “membaca” pesan utama. Fakta dengan jelas terbuti bila anak kadang salah dalam menduga. Hal yang paling penting dalam perkembangan bahasa anak adalah ketrampilan mereka menginterpretasikan makna. Ini merupakan cara mereka belajar kata-kata baru, konsep dan ekpresi dalam bahasa ibu ketika bahasa mereka berkembang untuk mengatasi kesulitan baru di sekolah.

Jadi ketika anak mempelajari bahasa baru/asing di sekolah, mereka akan menggunakan ketrampilan yang sama untuk menginterpretasikan bunyi, kata dan truktur baru. Guru dalam hal ini harus bisa membantu dan mendukung agar ketrampilan ini tetap berkembang. Guru bisa melakukannya dengan memastikan bahwa guru telah menggunakan secara penuh bahasa tubuh, intonasi, demonstrasi, gerak dan ekspresi wajah untuk menyampaikan makna yang sesuai dengan apa yang guru katakan.

Diluar itu semua untuk memahami makna, anak menunjukkan ketrampilan yang besar dalam menghasilkan bahasa yang bermakna dari sumber yang terbatas.

0 Comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More