MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK TK/RA
Pendahuluan
Bahasa Inggris untuk anak TK? Lalu seperti apa materinya? Bagaimana mengajarnya?Pertanyaan ini sering muncul seiring makin banyaknya PAUD, TK atau RA yang memasukkan Bahasa Inggris sebagai salah satu isi kurikulumnya. Belum lagi factor guru. Apakah latar belakang guru dari pendidikan Bahasa Inggris, kalau ya apakah waktu kuliah dia mendapatkan mata kuliah EYL. Kalau tidak lalu bagaimana guru mengajarnya?
Materi ini dimaksudkan bisa membantu guru yang
mengalami kesulitan dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak usia dini. Namun
masih perlu dikembangkan oleh guru di kelas masing-masing sesuai dengan kondisi
kelas, kemampuan sekolah dan kemampuan guru yang bersangkutan. Materi ini
terdiri dari tiga bagian inti: (1) Anak dan kelebihannya, (2) Pembelajaran
Bahasa dan (3) Model-model pembelajaran Bahasa.
1. Anak dan Kelebihannya
Anak masuk ke ruang kelas bahasa tidak dengan tangan kosong. Mereka telah memiliki insting, ketrampilan dan pengetahuan yang akan membantu mereka untuk mempelajari bahasa asing. Kita bisa mengidentifikasinya dan kemudian bisa mengembangkannya untuk mereka. Contoh:
· Anak sudah bagus dalam menginterpretasikan makna tanpa harus memahami setiap kata.
· Anak dengan keterbatasan pengetahuan bahasanya bisa menggunakannya secara kreatif
· Anak lebih sering belajar secara tidak langsung dari pada belajar langsung
· Anak lebih senang bila belajar melalui tindakan
· Anak sudah bisa berbicara
0 Comments:
Posting Komentar