Projects

Jumat, 21 Oktober 2022

MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK TK/RA Part 1

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK TK/RA

 

Pendahuluan

Bahasa Inggris untuk anak TK? Lalu seperti apa materinya? Bagaimana mengajarnya?Pertanyaan ini sering muncul seiring makin banyaknya PAUD, TK atau RA yang memasukkan Bahasa Inggris sebagai salah satu isi kurikulumnya. Belum lagi factor guru. Apakah latar belakang guru dari pendidikan Bahasa Inggris, kalau ya apakah waktu kuliah dia mendapatkan mata kuliah EYL. Kalau tidak lalu bagaimana guru mengajarnya?

 

Materi ini dimaksudkan bisa membantu guru yang mengalami kesulitan dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak usia dini. Namun masih perlu dikembangkan oleh guru di kelas masing-masing sesuai dengan kondisi kelas, kemampuan sekolah dan kemampuan guru yang bersangkutan. Materi ini terdiri dari tiga bagian inti: (1) Anak dan kelebihannya, (2) Pembelajaran Bahasa dan (3) Model-model pembelajaran Bahasa.

1. Anak dan Kelebihannya

Anak masuk ke ruang kelas bahasa tidak dengan tangan kosong. Mereka telah memiliki insting, ketrampilan dan pengetahuan yang akan membantu mereka untuk mempelajari bahasa asing. Kita bisa mengidentifikasinya dan kemudian bisa mengembangkannya untuk mereka. Contoh:

· Anak sudah bagus dalam menginterpretasikan makna tanpa harus memahami setiap kata.

· Anak dengan keterbatasan pengetahuan bahasanya bisa menggunakannya secara kreatif

· Anak lebih sering belajar secara tidak langsung dari pada belajar langsung

· Anak lebih senang bila belajar melalui tindakan

· Anak sudah bisa berbicara

0 Comments:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More